Marketing Facebook

Facebook didirikan oleh Mark Zukerberg pada Tahun 2004 dan pada saat didirikan masih bernama thefacebook.com yang hanya dipergunakan oleh mahasiswa-mahasiswa Harvard saja.  Tahun 2009 Facebook dinobatkan oleh compete.com sebagai Jejaring Sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Beberapa fakta yang dapat kita ambil dari facebook sekarang bahwa Facebook tersedia dalam 70 bahasa berbeda, rata-rata pengguna menghabiskan waktu 40 menit untuk bermain facebook, Setiap 20 menit sebanyak 1 juta link dibagikan di facebook, 2 juta permintaan pertemanan dan 3 juta pesan dikirimkan, dan setiap 1 menit 1.8 juta like diklik.  Pengguna smartphone mengecheck akunnya setidaknya sebanyak 14 kali dalam sehari.

Dari data-data dan fakta di atas dapat kita lihat bahwa facebook mempunyai potensi yang sangat besar untuk suatu jaring sosial yang paling cepat dan banyak perkembangannya yang sangat bagus untuk mempromosikan atau mengenalkan produk-produk anda.  Facebook sekarang bukan hanya untuk berinteraksi saja, banyak juga yang sudah menggunakan untuk mencari kebutuhan mereka, baik di Group maupun di Forum.

Tahapan yang mesti kita lakukan dalam rangka mengenalkan atau mempromosikan produk kita yakni:

1  Membangun Personal Branding

Dalam membangun personal branding ini anda harus membuat akun pribadi anda dengan hal-hal yang bermanfaat dan jangan memposting yang sifatnya alay.  Anda juga bisa membuat posting yang terjadwal sehingga audience atau member akan memberikan kredit positif bagi anda sebagai orang yang aktif, anda bisa memanfaatkan posting berjadwal dengan tools HOOTSUITE yang bisa anda instal di laptop anda.

2  Membuat Kolam Database

Dengan membuat kolam database ini kita bisa memanfaatkan dengan Fanspage dan Group, dari sinilah kita bisa mengumpulkan member atau follower yang banyak, karena group tidak dibatasi untuk jumlah anggotanya.  Cara mendatangkan member di group bisa anda berikan sebuah Lead Magnet atau hal yang menarik member untuk bergabung di Group anda, misalnya membagikan ebook gratis, doorprize, webinar, hadiah buku atau voucher, dan banyak lagi yang lainnya.

3  Sales

Jika anda sudah melakukan tahapan di atas, anda bisa melangkah ke tahapan ini yakni penjualan atau sales.  Buatlah sebuah soft selling dengan kata-kata yang tidak menjurus seperti menjual, akan tetapi anda membuat seolah-olah member atau audience anda seperti memperoleh manfaat yang besar dan rugi jika tidak menggunakan produk anda.  Di Facebook sendiri sudah disediakan FB Ads yang sangat bagus dan mempunyai potensi yang besar untuk menghasilkan uang.

Dengan melakukan tiga langkah atau tahapan di atas anda sudah melakukan dasar dari sebuah Marketing Facebook yang pada akhirnya nanti akan menjadikan pondasi yang kokoh dalam membangun Branding, database, dan sales.  Anda juga akan dapat memetakan dari beberapa prospek atau market anda dengan beberapa kategori, yakni Cold Market, Warm Market, dan Hot Market.

Cold Market adalah Prospek baru yang belum seberapa mengenal anda, belum tahu produk anda dan pasti juga belum pernah membeli produk anda, jadi masih perlu proses edukasi dari anda.

Warm Market adalah Prospek anda yang sudah mengenal anda dan sudah mulai tahu tentang produk-produk yang anda jual, anda akan lebih mudah menjual ke type warm market ini dibanding dengan cold market.

Hot Market adalah Prospek anda yang sudah paham dengan anda dan sudah sangat tahu tentang produk anda, mereka ini sangatlah potensial untuk menjadi pembeli dari produk-produk anda karena sudah teredukasi.

Demikian tahapan-tahapan awal mengenai Marketing Facebook, Semoga bisa memberikan tambahan wawasan bagi anda dan bermanfaat.

 

Team bisnisgurih.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

"Mau Videomu Menghasilkan Uang?">> Pelajari Selengkapnya Di sini <<
+ +